Manfaat saRapan pAgi bagi Kecerdasan otak

26 Jun

Manfaat Sarapan Pagi

Salah satu penelitian membuktikan, anak-anak yang memulai harinya di sekolah dengan sarapan memiliki daya ingat lebih tajam dan kemampuan menyerap pelajaran lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan. Sarapan atau makan pagi sangat penting diberikan kepada anak di usia sekolah, maka dari itu orangtua harus selalu memberikan dan juga membiasakan anak untuk sarapan setiap pagi, karena dengan sarapan banyak manfaat yang bisa kita peroleh dan dapat melatih anak untuk disiplin. Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Hal ini secara tidak langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap anak dalam beraktivitas. Syarat sarapan yang baik adalah cukup kandungan karbohidrat untuk menghasilkan glukosa sebagai cikal bakal energi. Sebaiknya lengkapi sarapan dengan makanan yang kandungan gizinya lengkap, praktis penyajiannya, serta mengandung banyak karbohidrat, serat, dan vitamin yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan energi, tapi juga kebutuhan zat gizi esensial hingga tiba jam makan siang.

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan:

* Anak dapat belajar dan melakukan tugas-tugas disekolah lebih baik karena sarapan akan menambah pasokan gula darah ke otak dan tubuh yang akan mengoptimalkan kerja otak sehingga membuat anak menjadi cerdas dan dapat beraktifitas.
* Membuat anak lebih konsentrasi dan fokus pada pelajaran di sekolah.
* Menu sarapan yang cukup mengandung protein, vitamin, zat besi dan lemak yang mengandung omega3 akan memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuhn anak.
* Anak akan lebih baik dalam berperilaku karena pikirannya menjadi lebih terkendali bila sarapan.
* Bila gizi anak terpenuhi dengan baik maka tubuhnya akan memiliki berat badan yang stabil dibanding anak yang tidak pernah sarapan.

Sumber :

http://simpatizone.telkomsel.com

http://www.e-smartschool.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: