meMapa saat berSin mata Selalu tertutup?????

12 Jun

Pernahkah anda sedar bahawa hal ini anda lakukan setiap kali anda bersin? iaitu memejamkan mata. Yup… Setiap kali kita bersin maka mata kita akan terpejam dengan sendirinya tanpa harus kita perintah sebelumnya.
Bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri itu. Syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Selain itu, pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetik untuk sementara (baca=sekejap) . Setelah selesai bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetik kembali. Oleh kerana itu, dalam agama Islam kita disarankan untuk mengucapkan kalimat pujian kepada Tuhan iaitu “Alhamdulillah” yang ertinya “Segala Puji bagi Allah”, kerana jantung kita sudah berfungsi lagi normal seperti biasanya, setelah istirehat sejenak disebabkan oleh bersin kita tadi.

Satu lagi, kuatnya tenaga bersin kita, mata kita sampai terpejam. Jikalau mata kita tidak terpejam saat bersin, nescaya mata akan “melompat” keluar. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri… Hehehehe kalau boleh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: